MANAJEMEN PROYEK & RESIKO I - III
Nama : Fachrul Rozi
NPM : 22117020
Kelas : 3KB06
NPM : 22117020
Kelas : 3KB06
M1. PENGENALAN MANAJEMEN PROYEK
Latar belakang, sejarah dan motivasi mempelajari manajemen proyek khususnya TI :
Laporan Chaos 1995
Penelitian Standish Group menunjukkan
31,1% mengejutkan proyek akan dibatalkan sebelum mereka pernah mendapatkan
selesai. Hasil lebih lanjut menunjukkan 52,7% dari proyek akan menelan
biaya lebih dari 189% perkiraan asli merekaDi sisi keberhasilan, rata-rata hanya
16,2% untuk perangkat lunak proyek yang diselesaikan tepat waktu.
Sebuah laporan tahun 2001 menunjukkan
bahwa AS menghabiskan $ 2.3 triliun untuk proyek setiap tahun Belanja
TI di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh sebesar 4% dan 6% dalam
beberapa tahun mendatang ,Pada tahun 2003 rata-rata manajer proyek senior
di US berpenghasilan hampir $ 90,000 per tahun Di AS, nomor-satu
realitas acara TV pada tahun 2004, menggambarkan peran manajer proyek penting
dalam bisnis.
Keuntungan menggunakan formal manajemen
proyek :
• Kontrol yang lebih baik di
bidang keuangan, fisik, dan SDM
• Meningkatnya relasi
dengan customer
• Waktu pembangunan yang lebih
singkat
• Biaya yang lebih rendah
• Kualitas lebih tinggi &
meningkatnya reliabilitas
• Keuntungan yang lebih besar
• Meningkatnya produktivitas
• Koordinasi yang lebih baik
• Moral pekerja lebih baik
Pengertian proyek dan manajemen proyek :
Proyek adalah rangkaian usaha dalam
jangka waktu tertentu yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk
atau jasa unik tertentu , dilaksanakan oleh manusia dengan memanfaatkan
berbagai sumber daya melalui rangkaian proses perencanaan, eksekusi dan kontrol.
Contoh Proyek :
· Membuat desain baru
kendaraan di zaman sekarang.
· Mengembangkan produk
baru
· Membangun sebuah
gedung atau fasilitas dalam sebuah lingkungan
· Membuat perubahan
dalam struktur organisasi.
Kendala-kendala Manajemen Proyek :
· Proyek harus
beroperasi dalam lingkungan organisasi yang luas.
· Manajer proyek perlu
mengambil pandangan holistik atau sistem proyek dan mengerti bagaimana
terletak didalam organisasi besar.
Kerangka Kerja Manajemen Proyek :
·Kerangka kerja manajemen proyek
menyediakan struktur dasar untuk memahami manajemen proyek
·Konteks manajemen proyek
menggambarkan lingkungan internal dan eksternal dimana dimana proyek tersebut
beroperasi.
·Rangkaian proses manajemen proyek
menggambarkan pandangan umum tentang bagaimana proses manajemen proyek dalam
pengelolaan proyek tersebut dilaksanakan dan hubungan keterkaitan antaranya.
Area Knowledge Manajemen Proyek :
·Pengelolaan Waktu proyek termasuk
memperkirakan berapa lama memakan waktu untuk menyelesaikan kerja, membangun
jadwal proyek yang dapat diterima, dan menjamin ketepatan waktu penyelesaian
proyek tersebut.
·Pengelolaan Lingkup proyek termasuk
menentukan dan mengelola semua kerja yang diperlukan untuk menyeleesaikan
kesuksesan proyek.
·Pengelolaan Biaya proyek terdiri dari
persiapan dan pengelolaan biaya untuk proyek.
·Proyek pengelolaan Resiko termasuk
mengidentifikasi, menganalisis, dan merespon resiko yang terjadi di dalam
proyek.
· Proyek SDM memperhatikan kegunaan
efektif dari orang yang terkait dengan proyek itu.
·Project Integration management
mempengaruhi dan dipengaruhioleh 8 area pengetahuan lainnya
Alat dan Tehnik Manajemen Proyek :
Alat dan tehnik manajemen proyek
membantu manajer proyek maupun timnya dari berbagai aspek manejemen proyek.
· Analisis waktu, bagan
Gantt, dan diagram network.
· Perkiraan biaya
· Perkiraan ruang
lingkup
Bagan Gantt , Diagram Network dan alat
manajemen proyek enterprise :
· Bagan Gantt merupakan
diagram perencanaan yang digunakan untuk penjadwalan sumber daya dan
alokasi waktu (Heizer, Jay dan Render, Barry, 2006). Gantt Chart adalah
contoh teknik non-matematis yang banyak digunakan dan sangat popular dikalangan
para manajer karena sederhana dan mudah dibaca.
· Diagram Network
Melambangkan suatu peristiwa dan dibagi
menjadi 3 ruang yaitu :
– Ruang sebelah kiri → nomor
peristiwa
– Ruang sebelah kanan atas → SPA
– Ruang sebelah kanan bawah → SPL
– Ruang sebelah kanan atas → SPA
– Ruang sebelah kanan bawah → SPL
Saat Paling Awal (SPA)
Syarat syarat yang harus dipenuhi :
· Network
diagram yang tepat telah tersedia
· Nomor
peristiwa dari network diagram tealah ditentukan
· Semua
kegiatan yang ada dalam network diagram tealah ditetapkan lama kegiatan
perkiraan
· Secara
formatif untuk menentukan saat paling awal
Saat Paling Lambat (SPL)
Saat Paling Lambat adalah saat paling
lambat suatu peristiwa boleh terjadi dan tidak boleh sesudahnya meskipun itu
mungkin) sehingga proyek mungkin selesai pada waktu yang telah direncanakan.
Syarat syarat yang harus dipenuhi :
1. Network
diagram yang tepat telah tersedia
2. Telah
dihitung saat paling awal (SPA) pada network diagram
3. Jika hanya ada sebuah
kegiatan keluar dari sebuah peristiwa maka SPL peristiwa tersebut saat paling
lambat mulainya kegiatan
· Alat manajemen proyek
enterprise
Alat manajemen proyek sudah ada selama
bertahun-tahun, dan sekarang sudah dapat melakukan jauh lebih banyak hal
daripada sekadar mengelola proyek. Alat ini juga dapat mengerjakan estimasi
proyek, pengendalian biaya, penganggaran, alokasi sumber daya, kolaborasi,
komunikasi, manajemen kualitas, dan administrasi. Tujuannya adalah untuk
menangani semua aspek dan kerumitan proyek besar dan menjaga agar biayanya
tetap rendah.
Hubungan manajemen proyek dengan
disiplin ilmu lain :
·Sebagian besar pengetahuan yang
dibutuhkan untuk mengelola proyek yang unik atau hampir unik untuk manajemen
proyek (misalnya: analisis jalur kritis dan struktur kerja rincian). Namun
PMBOK tidak tumpang tindih dengan disiplin manajemen yang lain nya.
·Manajemen umum meliputi perencanaan,
pengorganisasian, staf, melaksanakan, dan mengendalikan operasi perusahaan
berlangsung. Manajemen umum juga termasuk mendukung disiplin ilmu seperti
pemrograman computer, hukum, statistic dan teori probabilitas,logistic dan
personel. PMBOK ini tumpang tindih manajemen umum di banyak daerah- prilaku
organisasi, peramalan keuangan, dan teknik perencanaan.
·Daerah aplikasi adalah kategori proyek
yang memeiliki elemen umum yang signifikan dalam proyek tsb namun tidak
dibutuhkan hadir dalam semua proyek. Daerah aplikasi didefinisikan dalam hal :
a) Teknis elemen, seperti pengembangan
perangkat lunak, farmasi atau teknik kontruksi.
b) Manajemen elemen, seperti kontrak
pemerintah atau pengembangan produk baru
c) Industry kelompok, seperti otomotif,
kimia, atau layanan keuangan
Profesi Manajemen Proyek :
Berbagai kelompok – kelompok tertentu
berminat di berbagai bidang seperti engineering, berbagai bidang jasa, maupun
kesehatan.
Sertifikasi Manajemen Proyek :
PMI telah menyediakan sertifikasi
sebagai Project Management Profesional (PMP). Untuk mendapatkan sertifikasi itu
seorang PMP harus mempunyai pengalaman proyek yang cukup, dan harus mengikuti
test PMP dank ode etik yang telah ada.
Etika dalam Manajemen Proyek :
Seorang PMP harus mengikuti kode etik
yang ada. Karena kode etik adalah begian penting dari semua manajemen proyek
dan seorang PMP harus bertanggung jawab secara professional.
Manajemen Proyek Software :
Enterprise Proyek Manajemen software
mengintegrasikan informasi dari beberapa proyek untuk memperlihatkan status
proyek-proyek yang telah disetujui, aktif, dan akan datang dalam seluruh
organisasi Juga menyediakan link pada informasi yang lebih detail mengenai
suatu proyek tertentu
M2. KONTEKS MANAJEMEN PROYEK DAN TI
Apa yang dimaksud pendekatan sistem?
Istilah sistem muncul pada tahun
1950-an. Saat itu sistem menggambarkan pendekatan holistic dananalitis untuk
memecahkan masalah kompleks yang termasuk mengunakan filososofi sistem,
analisissistem, dan manajemen sistem.
Model dari sistem manajemen
Three-Sphere Model untuk Manajemen
Sistem
Banyak bisnis IT organisasi yang
memahami konsep sistem dan melakukan analisis sistem. Namun merekasering
mengabaikan topic manajemen sistem. Tiga bidang sederhana yaitu manajemen
sistem bisnis,organisasi, dan teknologi memiliki dampak besar dalam mengelola
suatu proyek dan menentukankesuksesan suatu proyek. Ketiga bidang tersebut
memiliki efek dalam memenuhi kebutuhan dankepentingan seluruh sistem dan
organisasi.
Memahami Organisasi
Seorang manajer proyek harus dapat memahami
secara luas konteks dari organisasi yang lebih besar.Masalah yang terjadi dalam
organisasi sering menghambat berjalannya proyek. Misal sebagian orangpercaya
bahwa sebagian besar proyek gagal karena masalah politik organisasi.
Manajer proyek sering lalaidalam memperhatikan stakeholder yang terlibat dalam
proyek, terutama yang menentang proyek.Manajer proyek juga sering tidak
memperhatikan konteks politik dan budaya organisasi. Maka dari itu,penting bagi
manajer proyek untuk memahami kondisi organisasi saat menjalankan sebuah
proyek.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi secara umum
diklasifikasikan menjadi tiga jenis diantaranya struktur organisasifungsional,
proyek, dan matriks.Struktur organisasi fungsional adalah sebuah hirarki atau
kebanyakan orang menyebutnya baganorganisasi. Biasanya terdiri dari manajer,
teknisi, manufakrut, IT support, dll. Staf mereka memilikiketerampilan khusus
dalam disiplin ilmu masing-masing. Misal jika di Sekolah, guru matematika
akanmengajar pelajaran matematika, guru biologi akan mengajar pelajaran
biologi, dsb
Stakeholder Management
Stakeholder adalah orang-orang yang
terlibat dan berpengaruh dalam kegiatan proyek. Terdapat duastakeholder yaitu
internal dan eksternal. Stakeholder proyek internal umumnya termasuk sponsor
proyek,tim proyek, staf pendukung, dan pelanggan internal untuk proyek
tersebut. Stakeholder internal lainnyatermasuk manajemen puncak,
manajer fungsional lainnya, dan manajer proyek lainnya.
Stakeholder proyek eksternal termasuk
pelanggan proyek (jika mereka luar organisasi), pesaing, pemasok,dan
kelompok eksternal lainnya yang berpotensi terlibat dalam proyek atau
terpengaruh oleh itu, sepertipejabat pemerintah atau warga negara yang
bersangkutan. Karena tujuan manajemen proyek adalahuntuk memenuhi persyaratan
proyek dan memuaskan stakeholder, sangat penting bahwa manajer
proyekmengambil waktu yang cukup untuk mengidentifikasi, memahami, dan
mengelola hubungan dengansemua stakeholder proyek
Pentingnya Komitmen Top Manajemen
Orang-orang yang berada di manajamen
puncak adalah kunci kesuksesan sebuah proyek. Sebuah faktoryang sangat penting
dalam membantu manajer proyek berhasil memimpin proyek adalah tingkatkomitmen
dan dukungan yang mereka terima dari manajemen puncak. Tanpa komitmen ini,
banyakproyek akan gagal. Beberapa proyek memiliki manajer senior yang disebut
juara yang bertindak sebagaipendukung utama untuk sebuah proyek.
Tahapan Proyek dan Siklus Hidup Proyek
Siklus hidup proyek adalah kumpulan dari
fase proyek. Secara umum, siklus hidup proyekmendefinisikan apa pekerjaan yang
akan dilakukan di setiap tahap, kiriman apa dan kapan akandiproduksi, yang
terlibat dalam setiap fase, dan bagaimana manajemen akan mengontrol
danmenyetujui karya yang dihasilkan di setiap tahap. Sebuah penyampaian adalah
produk atau layanan,seperti laporan teknis, sesi pelatihan, hardware, atau
segmen kode software, diproduksi ataudisediakan sebagai bagian dari proyek
Dalam fase awal dari siklus hidup
proyek, kebutuhan sumber daya biasanya terendah dan tingkatketidakpastian
tertinggi. stakeholder proyek memiliki kesempatan terbesar untuk
mempengaruhikarakteristik akhir dari produk proyek, jasa, atau hasil selama
fase awal dari siklus hidup proyek. Halini jauh lebih mahal untuk membuat
perubahan besar untuk proyek selama fase terakhir. Selama fase tengah
siklus hidup proyek, kepastian menyelesaikan proyek membaik karena terus, dan
informasilebih yang diketahui tentang persyaratan proyek dan tujuan. Juga,
lebih banyak sumber daya biasanyadibutuhkan daripada selama fase awal atau
akhir. Tahap akhir dari proyek berfokus pada memastikanbahwa kebutuhan proyek
bertemu dan sponsor proyek menyetujui penyelesaian proyek.
Product Life Cycle
Siklus hidup pengembangan sistem (SDLC)
adalah suatu kerangka kerja untuk menggambarkan fasemengembangkan sistem
informasi. Beberapa model populer dari SDLC termasuk WaterfallModel, Spiral
Modal, incremental Model, Prototyping Model, dan Rapid Application
Development(RAD) Model
Model prediksi siklus hidup
Waterfall Model:
Segala kebutuhan harus ditetapkan diawal
secara lengkap. Jika terjadiperubahan maka harus mengulang dari awal. Maka dari
itu model ini cocok untuk proyek yangberskala besar.
Spiral Model:
Model ini adalah perkembangan dar model
waterfall. Cocok untuk proyek yangmembutuhkan banyak revisi. Model ini bersifat
terbuka.
Prototyping Model:
bertujuan untuk lebih memperjelas
kebutuhan penggunasecara operasional. Pengembangan model ini
menghasilkan persyaratan fungsional danspesifikasi desain fisik secara bersamaan
The RAD Model:
Seperti halnya prototype, namun model
ini membutuhkan keterlibatanpengguna untuk membantu menghasilkan sistem dengan
cepat tanpa mengorbankan kualitas
Konteks dalam Proyek Teknologi
Informasi
Sifat Proyek IT tidak seperti proyek di
banyak industri lain, proyek TI bisa sangat beragam. Beberapamelibatkan
sejumlah kecil orang menginstal off-the-rak perangkat keras dan perangkat lunak
terkait.Lainnya melibatkan ratusan orang menganalisis proses bisnis beberapa
organisasi dan kemudianmengembangkan perangkat lunak baru dalam upaya
kolaborasi dengan pengguna untuk memenuhikebutuhan bisnis. Bahkan untuk proyek
hardware berorientasi kecil, yang terdiri dari beragam jenishardware bisa
komputer pribadi, komputer mainframe, peralatan jaringan, kios, laptop, tablet,
atausmartphone, dll.Karena keragaman proyek IT dan kebaruan lapangan, penting
untuk mengembangkan dan mengikutipraktik terbaik dalam mengelola proyek-proyek
yang bervariasi. Dengan cara itu, manajer proyek IT akangambaran awal
secara umum dan memahami metode setiap proyek.
Fungsi kerja manajemen proyek
Manfaat manajemen proyek dilihat dari
segi bidang-bidang tertentu yaitu:
· Planning to Do ( Perencanaan
Selanjutnya). Berfungsi sebagai memberikan gambaran hubungan ketergantungan dan
pekerjaan, mengindetifikasi jalur kritis, merencanakan sumber daya, dan
mengindentifikasi adanya select
· Pengendalian. Berfungsi
memberikan dasar-dasar gambaran patokan dalam pengendalian proyek
· Lingkup kerja dan masalah yang
dihadapi. Berfungsi memberikan dorongan nyata demi terciptanya komunikasi
anatar pemimpin proyek dan pelaksana proyek dilapangan, supaya sukses dan
mendapatkan hasil yang memuaskan.
Keahlian yang disarankan bagi manajer
proyek
Seorang manajer proyek harus memiliki
keterampilan yang luas hardskill maupun softskillnya keahlian yang disarankan
yaitu :
· Keterampilan
berkomunikasi yang baik dan tegas
· Keahlian dalam
berorganisasi sehingga dapat membuat rencana dan menganalisis masalah
· Keterampilan
team-building untuk memotivasi dan bekerja sama pada tim proyeknya
· Keterampilan
teknologi
· Keterampilan
penyesuaian diri yaitu fleksibel, kreatif, sabar serta pantang menyerah
· Keterampilan
kepemimpinan agar memberikan visi yang besar untuk tujuan proyek tersebut
Karakteristik dari manajer proyek yang
efektif dan tidak efektif
Effective project manager:
· Visioner
· Kompeten
· Motivator yang baik
· Mendukung anggota tim
· Membuat ide–ide baru
Ineffective project manager:
· Minder
· Motivator yang buruk
· Tidak Kompeten
· Komunikator yang
buruk
M3.Group Proses manajemen Proyek
Pada Group Process Manajemen Proyek Dalam Manajemen Proyek terdapat sejumlah proses yang saling berkaitan Tiap-tiap proses tersebut membentuk suatu group proses Dalam manajemen proyek terdapat 5 group proses yaitu :
a. Inisiasi Proyek
b. Kontrol Proyek
c. Perencanaan Proyek
d.Penutupan/akhir proyek
e.Eksekusi Proyek Dalam inisiasi proyek dilakukan sebuah pendefinisian proyek perencanaan.
Mendefinisikan atau merinci suatu
tujuan proyek tersebut, serta merencanakan aktivitas-aktivitas yang dibutuhkan,
sesuai dengan.
batasan yang telah disepakati di dalam inisiasi proyek ialah sebagai berikut:
batasan yang telah disepakati di dalam inisiasi proyek ialah sebagai berikut:
a. Eksekusi, Mengintregasikan semua
sumber daya yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan proyek.
b. Kontrol, Mengukur dan memonitor
secara berkala kemajuan proyek serta mengidentifikasi adanya penyelewengan
pelaksanaan dari rencana yang sudah dibuat sebelumnya.
c. Akhir, Melakukan formalisasi hasil
proyek.
Hubungan antara Grup proses dan area
Knowledg
nowledge berperan penting dalam
sebuah manajemen proyek terutama dalam pengawasan grup proses manajemen proyek.
Dimana grup proses adalah suatu rencana demi kelancaraan proyek agar lebih
mudah dalam memulai proyek dan tugas knowledge ialah memonitor segala hal dari
berbagai aspek yang terjadi didalam grup proses.
Memilih Metodologi Manajemen Proyek
Sebuah perusahaan vendor IT atau
vendor apapun yang hidup matinya bergantung pada keberadaan proyek, memiliki
masalah yang sama dalam menentukan metodologi apa yang cocok untuk digunakan
dalam pengerjaan proyek. Dalam dunia IT lebih dalam lagi akan ada pertanyaan
metodologi apa yang cocok untuk pengembangan software atau untuk digunakan
sebagai acuan Software Development Life Cycle (SDLC).
Pengalaman membuktikan, tidak
adanya kejelasan metodologi yang jelas yang digunakan perusahaan akan membuat
proyek berjalan tanpa arah dan akan sangat tergantung dari individu manajer
proyeknya. Jika kondisi itu berlangsung pada proyek yang kompleks dan ditangani
oleh manajer proyek yang tidak berpengalaman maka akan berakhir pada kegagalan
proyek. Bagi orang yang lebih tinggi yaitu atasan dari manajer proyek, hal
tersebut akan membuat proyek-proyek tidak bisa dimonitor apalagi dikontrol.
Memilih metodologi proyek memang bukan hal yang mudah. Kita tau ada berbagai macam metodologi mulai yang general, yang bisa diimplementasikan pada proyek apapun seperti PMBOK, PRINCE2 maupun yang spesifik untuk domain tertentu misalnya SWEBOK, XP, Scrum yang digunakan pada proyek development software. Masing-masing metodologi memiliki keuntungan dan kita perlu untuk TIDAK memilih begitu saja satu metodologi karena saya percaya tidak ada metodologi yang “one size fits all.”
Kita dapat mengelaborasikan beberapa metodologi dan membuatnya pesifik untuk perusahaan dengan catatan metodologi tersebut didefinisikan agar sesuai dengan sifat dari proyek-proyek yang ada dan sebisa mungkin masih dapat disesuaikan (tailored) sesuai dengan besarnya proyek.Untuk mengelaborasi metodologi, sebaiknya kita mulai dengan studi beberapa metodologi yang sudah ada. Ada baiknya kita membuat listing yang lengkap dari metodologi yang yang sudah ada, mempelajarinya secara high level, kemudian menentukan yang menjadimain interest, lalu melakukan klasifikasi seperti yang dijelaskan sebuah artikel “Defining & Classifying Project Management Methodologies.” Berikut ini gambaran level dari klasifikasi metodologi manajemen proyek dari artikel tersebut.
Memilih metodologi proyek memang bukan hal yang mudah. Kita tau ada berbagai macam metodologi mulai yang general, yang bisa diimplementasikan pada proyek apapun seperti PMBOK, PRINCE2 maupun yang spesifik untuk domain tertentu misalnya SWEBOK, XP, Scrum yang digunakan pada proyek development software. Masing-masing metodologi memiliki keuntungan dan kita perlu untuk TIDAK memilih begitu saja satu metodologi karena saya percaya tidak ada metodologi yang “one size fits all.”
Kita dapat mengelaborasikan beberapa metodologi dan membuatnya pesifik untuk perusahaan dengan catatan metodologi tersebut didefinisikan agar sesuai dengan sifat dari proyek-proyek yang ada dan sebisa mungkin masih dapat disesuaikan (tailored) sesuai dengan besarnya proyek.Untuk mengelaborasi metodologi, sebaiknya kita mulai dengan studi beberapa metodologi yang sudah ada. Ada baiknya kita membuat listing yang lengkap dari metodologi yang yang sudah ada, mempelajarinya secara high level, kemudian menentukan yang menjadimain interest, lalu melakukan klasifikasi seperti yang dijelaskan sebuah artikel “Defining & Classifying Project Management Methodologies.” Berikut ini gambaran level dari klasifikasi metodologi manajemen proyek dari artikel tersebut.
Ada baiknya perusahaan membuat
sebuah referensi metodologi manajemen proyek pada Level 3 (Organization
specific, customized methodology). Yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat
diadaptasi menjadi L4 maupun L5 sesuai kemampuan manajer proyek.
Sebuah kesimpulan yang menarik terkait pemilihan metodologi ini dapat kita lihat dari artikel “Methodology Per Project”. Menurut penulis artikel tersebut, Alistair Cockburn, metodologi memiliki sepuluh elemen dasar yaitu: roles, skills, activities, techniques, tools, teams, deliverables, standards, quality measures dan project values. Tidak semua metodologi mencakup semua elemen tersebut, semakin besar proyek maka harus semakin besar metodologinya artinya aspek elemen yang dicakup harus semakin lengkap. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengelaborasi beberapa metodologi.Lebih jauh lagi.Inisiasi merupakan tahap pengenalan dalam memulai proyek baru, dan memastikan bahwa pada tahap ini proyek akan dijalankan dengan benar.
Sebuah kesimpulan yang menarik terkait pemilihan metodologi ini dapat kita lihat dari artikel “Methodology Per Project”. Menurut penulis artikel tersebut, Alistair Cockburn, metodologi memiliki sepuluh elemen dasar yaitu: roles, skills, activities, techniques, tools, teams, deliverables, standards, quality measures dan project values. Tidak semua metodologi mencakup semua elemen tersebut, semakin besar proyek maka harus semakin besar metodologinya artinya aspek elemen yang dicakup harus semakin lengkap. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengelaborasi beberapa metodologi.Lebih jauh lagi.Inisiasi merupakan tahap pengenalan dalam memulai proyek baru, dan memastikan bahwa pada tahap ini proyek akan dijalankan dengan benar.
Manajemen Proyek terdiri dari
beberapa proses, sbb:
• Executing
Proses executing proyek diperlukan untuk memastikan bahwa aktifitas dalam perencanaan proyek terpenuhi
• Monitoring and Controlling
Adalah pengukuran dan pemantauan perkembangan secara berkala akan tujuan proyek untuk memastikan adanya kecocokkan antara progress dgn rencana awal proyek, selain itu untuk memantau setiap penyimpangan yang ada dari rencana awal.
• Closing
Meraih lebih banyak lagi stakeholders dan pelanggan yang menerima layanan ataupun produk akhir kita ada:
• Executing
Proses executing proyek diperlukan untuk memastikan bahwa aktifitas dalam perencanaan proyek terpenuhi
• Monitoring and Controlling
Adalah pengukuran dan pemantauan perkembangan secara berkala akan tujuan proyek untuk memastikan adanya kecocokkan antara progress dgn rencana awal proyek, selain itu untuk memantau setiap penyimpangan yang ada dari rencana awal.
• Closing
Meraih lebih banyak lagi stakeholders dan pelanggan yang menerima layanan ataupun produk akhir kita ada:
Project Management Intranet Site
• Inisiasi Proyek.
merupakan tahap awal kegiatan proyek sejak sebuah proyek disepakati untuk dikerjakan. Pada tahap ini, permasalahan yang ingin diselesaikan akan diidentifiasi. Beberapa pilihan solusi untuk menyelesaikan permasalahan juga didefinisikan. Sebuah studi kelayakan dapat dilakukan untuk memilih sebuah solusi yang memiliki kemungkinan terbesar untuk direkomendasikan sebagai solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. Ketika sebuah solusi telah ditetapkan, maka seorang manajer proyek akan ditunjuk sehingga tim proyek dapat dibentuk dan berakhir ketika manajer proyek diberikan otoritas juga petunjuk untuk memulai perencanaan.
• Dokumen Inisiasi
Merupakan dokumen yang berisi tentang tahap awal kegiatan awal yang sudah dibentuk sejak sebuah proyek disepakati untuk dikerjakan oleh tim proyek.
• Inisiasi Proyek.
merupakan tahap awal kegiatan proyek sejak sebuah proyek disepakati untuk dikerjakan. Pada tahap ini, permasalahan yang ingin diselesaikan akan diidentifiasi. Beberapa pilihan solusi untuk menyelesaikan permasalahan juga didefinisikan. Sebuah studi kelayakan dapat dilakukan untuk memilih sebuah solusi yang memiliki kemungkinan terbesar untuk direkomendasikan sebagai solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. Ketika sebuah solusi telah ditetapkan, maka seorang manajer proyek akan ditunjuk sehingga tim proyek dapat dibentuk dan berakhir ketika manajer proyek diberikan otoritas juga petunjuk untuk memulai perencanaan.
• Dokumen Inisiasi
Merupakan dokumen yang berisi tentang tahap awal kegiatan awal yang sudah dibentuk sejak sebuah proyek disepakati untuk dikerjakan oleh tim proyek.
Rencana Proyek
Adalah sebuah kerangka gagasan – gagasan dalam menjalankan sebuah manajemen proyek dan demi mensukseskan apa yang menjadi tujuan manajemen proyek itu dibuat.
Eksekusi Proyek dan Pengawasan Proyek
Dengan definisi proyek yang jelas dan terperinci, maka aktivitas proyek siap untuk memasuki tahap eksekusi atau pelaksanaan proyek. Pada tahap ini, deliverables atau tujuan proyek secara fisik akan dibangun. Seluruh aktivitas yang terdapat dalam dokumentasi project plan akan dieksekusi. Sementara kegiatan pengembangan berlangsung, beberapa proses manajemen perlu dilakukan guna memantau dan mengontrol pelaksanaan proyek jugapenyelesaian deliverables sebagai hasil akhir proyek.
Grup Proses Manajemen Proyek
Dalam Manajemen Proyek terdapat sejumlah proses yang saling berkaitan, tiap-tiap proses tersebut membentuk suatu group proses.
Bagian-bagian Dalam manajemen proyek terdapat 5 group proses yaitu
• Inisiasi Proyek
• Perencanaan Proyek
• Eksekusi Proyek
• Kontrol Proyek
• Penutupan/akhir proyek
• Perencanaan Proyek
• Eksekusi Proyek
• Kontrol Proyek
• Penutupan/akhir proyek
Inisiasi Proyek
Pada manajemen proyek, fase
inisiasi merupakan batu pijakan penting untuk memulai sebuah proyek. Dalam fase
inilah, tiga poin utama yaitu lingkup pekerjaan, harga dan jadwal ditentukan.
Penentuannya dapat dilakukan berdasarkan kesepakatan pemilik proyek dan
penerima pekerjaan, atau hanya berdasarkan keputusan pemilik proyek. Di sini,
keahlian negosiasi akan berperan banyak. Biasanya, dalam proyek yang melibatkan
pihak pemerintahan, harga dan jadwal sudah ditentukan berdasarkan penetapan
anggaran di tahun yang sedang berjalan. Oleh karena itu, penerima pekerjaan
perlu bernegosiasi untuk masalah lingkup pekerjaan supaya tidak ada kerugian di
kedua belah pihak.
Perencanaan Proyek
Perencanaan adalah sebuah proses yang berulang-ulang : rencana akan ditinjau secara terus menerus sesuai dengan perkembangan proyek dan sesuai dengan bertambahnya pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik dari anggota tim. Perencanaan memang merupakan pekerjaan yang sangat sulit, tetapi harus dilaksanakan sebagaimana mestinya. Banyak proyek menjadi kacau dikarenakan tidak adanya perencanaan.
Eksekusi Proyek
Sebuah rencana eksekusi suatu proyek sangat erat kaitannya dengan estimasi biaya, dimana keduanya saling bergantung dan tidak akan terpenuhi keduanya secara total jika satu diantara keduanya tidak terselesaikan. Biasanya manager suatu proyek tidak terikat secara langsung dalam sebuah jadwal yang kompleks dari sebuah proyek apalagi jika itu adalah sebuah proyek yang berskala besar. Tapi yang harus disadari seorang manajer proyek harus memastikan bahwa proyek harus berjalan apapun hambatan yang mungkin dihadapi.
Kontrol Proyek
Mengukur dan memonitor secara berkala kemajuan proyek serta mengidentifikasi adanya penyelewengan pelaksanaan dari rencana yang sudah dibuat sebelumnya.
Akhir Proyek
Melakukan formalisasi hasil proyek, berupa produk, servis, ataupun hasil khusus dari proyek
• Project Integration
Management Integrasi Manajemen Proyek adalah proses yang diperlukan untuk
memastikan bahwa unsur-unsur berbagai proyek dikoordinasikan secara efektif.
Integrasi manajemen adalah praktek membuat sesuatu di setiap bagian dari proyek
ini adalah terkoordinasi.Kunci sukses keseluruhan proyek : Project Integration
Management yang baik.
• Manajer Proyek harus mampu
mengintegrasikan seluruh knowledge area selama project life cycle berlangsung
• Kebanyakan manajer proyek terlalu
berfokus pada halhal yang detail tetapi melupakan big picture dari proyek yang
sedang dikerjakan
• Manajemen Integrasi Proyek, bukanlah
integrasi perangkat lunak
• Manajemen Integrasi Proyek: termasuk
Interface• Management (identifikasi dan manajemen
Source :


Komentar
Posting Komentar