Interface dalam IMK


Nama : Fachrul Rozi
Npm : 22117020
Kelas : 3KB06
Matkul : Interaksi manusia dan komputer
Interface dalam IMK.

A.    Maksud Interface dalam IMK
Interface adalah cara mendesain, menganalisa, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer agar lebih mudah digunakan oleh manusia, interface itu sendiri terdiri dari 2 macam yaitu Command Line Interface (CLI) yakni Sistem interface berbasis teks perintah program, dan Graphic User Interface (GUI) yaitu Sistem interface yang digambarkan dengan grafis visual seperti tombol, icon, dan lain-lain. Untuk CLI, sayangnya penggunaanya kurang diminati karena tampilannya hanya berupa teks saja dengan mayoritas background hitam. Dalam perintahnya, sedikit kesalahan penulisan coding dapat menyebabkan error. Maka dari itu CLI hanya diperuntukan bagi mereka yang sudah mengerti seluk beluk bahasa Pemrograman.
Berbeda dengan CLI, GUI merupakan Interface yang sangat interaktif dan menarik. Bentuk komunikasi dan dialog pada GUI di gambarkan dalam bentuk grafis sehingga memudahkan pengguna dan tidak membosankan. Contoh GUI bisa kamu lihat pada tampilan awal Windows atau program seperti Visual Basic, Delphi, atau Photoshop.
B.     Tujuan User Interface dalam IMK
Simpelnya Tujuan Interaksi manusia dan komputer adalah untuk menciptakan sistem yang ramah pengguna  (User Friendly) yang juga fungsional dan aman. Untuk mencapai tujuan ini, seorang developer harus dapat:
·         Berempati dengan para pengguna dan mengantisipasi bagaimana mereka akan menggunakan teknologi
·         Mengembangkan alat dan teknik untuk memungkinkan praktik terbaik dalam membangun sistem Interface yang memadai
·         Menghasilkan jenis interaksi yang efektif, efisien, dan aman
·         Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas.
·         Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.
·         Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
·         Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai

C.     Perbandingan penilaian Interface di IMK : Bagaimana interface yang baik dalam suatu sistem dan interface yang tidak baik dalam suatu sistem
Contoh kasus mengenai user interface pada gambar 1 yaitu tampilan website Universitas Indonesia (www.ui.ac.id) dan gambar 2 tampilan website Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (www.its.ac.id).


Berdasarkan gambar 1 :
Tampilan desain website Univ.Indonesia sangat baik dari segi User Interface. Sebab tampilan desain simple, informasi yang ditampilkan tertata rapi seperti informasi fakultas letaknya di bawah, informasi berupa berita disebelah kanan, dan sebelah kiri mengenai informasi utama universitas. Sehingga, memudahkan pengguna dalam interaksinya untuk mengetahui informasi yang ada . Selain itu, gambar tampilan (background) ternyata gambar yang dapat berubah-rubah setiap detik yang ternyata berupa informasi dan disertai dengan linknya. Sehingga, dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi yang ada dengan mengklik gambar tersebut tanpa harus melalui menu utama. Website dapat dilihat dalam satu tampilan layar monitor, sehingga memudahkan pengguna utuk melihat seluruh tampilan website sekaligus




Berdasarkan gambar 2 :

Tampilan desain website ITS kurang baik dari segi User Interface. Hal tersebut dikarenakan beberapa informasi atau berita letaknya tidak mengelompok atau terkesan tidak rapi dalam menempatkan informasi yang ada. Hal tersebut akan membingungkan pengguna website jika ingin mencari informasi. Selain itu, tampilan website terlalu banyak gambar yang memakan banyak tempat, sehingga website tidak bisa dilihat dalam satu tampilan layar monitor. Hal tersebut akan menyulitkan pengguna jika ingin melihat seluruh isi atau informasi dari website tersebut. Lalu dengan banyaknya tampilan gambar pada website akan menjadi tidak menarik bila dilihat.




D.    Tipe-Tipe Interface dalam IMK, mencakup : Komponen Dasar, Perangkat Interaktif dan Dialog Kontrol Sederhana
Komponen Antarmuka Grafis
Adalah bentuk–bentuk tampilan antarmuka yang dipakai pada paket–paket program aplikasi, baik yang bekerja pada mode teks maupun pada mode grafik

Komponen Antarmuka grafis antaralain:
1. Tombol Tekan
Digunakan untuk mengaktifkan suatu aktivitas apabila tombol tersebut ditekan menggunakan mouse (Click Mouse).
2. Spin Box
Pada dasarnya, sebuah spinbox digunakan untuk menampilkan suatu peubah
3. List Box
Pada dasarnya, sebuah listbox hanya terdiri atas bagian yang digunakan untuk menampilkan pilihan-pilihan yang tersedia.
4. Combo Box
Mempunyai fungsi yang sama dengan listbox, yaitu untuk menampilkan sejumlah pilihan yang dapat dipilih secara bebas oleh pengguna.
5. Tombol Radio
Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off yang ditandai dengan tanda tertentu.
6. Check Box
Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu atau lebih pilihan yang tersedia.
7. Label Box
Digunakan untuk memberikan komentar atau memberi nama pada masing–masing komponen antarmuka grafis

Perangkat Interktif
1. Perangkat Keras (Hardware).

Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware).
Contoh: CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Diskdrive, dll.

2. Perangkat Lunak (Software).

Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware).
Contoh: Sistem Software, Application Software, Package Software.

3.Manusia (Brainware).

Tenaga pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit komputer didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat waktu, tepat guna dan akurat.
Contoh: Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support.

Ragam dialog (Dialoque Style) :
“Cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai tehnik dialog”
Beberapa Sifat setiap Ragam Dialog:
a.Inisiatif
b.Keluwesan
c.Kompleksitas
d.Kekuatan
e.BebanInformasi

a. Inisiatif
Inisiatif merupakan sifat dasar dari sembarang dialog, karena inisiatif akan menentukan keseluruhan ragam komunikasi sehingga dapat ditentukan tipe-tipe pengguna yang dituju oleh sistem yang dibangun.
Inisiatif oleh pengguna Keterbukaan lebih luas Contoh:commandline

b. Keluwesan
Kemampuan untuk mencapai suatu tujuan lewatcarayangberbeda, Menyediakan sejumlah perintah alternatif dengan hasil yang sama/setara

c. Kompleksitas
Tidak perlu membuat antarmuka lebih dari yang diperlukan Pengelompokan Hirarki, Bayangkan bila tanpa hirarki Terlalu bertingkat juga merepotkan

d. Kekuatan
Jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh pengguna, Pengguna mahir: merasa tersiksa bila harus menempuh jalan panjang


e. Beban informasi
Ragam dialog yang terjadi antara komputer dengan manusia lebih menitikberatkan pada penyajian informasi yang dihasilkan komputer kepada pengguna.Agar penyampaian informasi itu dapat berdaya guna dan berhasil guna, beban informasi yang terkandung didalam suatu ragam dialog seharusnya disesuaikan dengan aras pengguna.

Karakteristik Ragam Dialog
a.Konsistensi
b.Umpanbalik
c.Observabilitas
d.Kontrolabilitas
e.Efisiensi
f.Keseimbangan

Kategori Ragam Dialog:
1. Ragam Dialog Interaktif
    a. Dialog berbasis perintah tunggal (Command line dialogue).
    b. Dialog berbasis bahasa pemrograman (Programming language dialogue).
    c. Antarmuka berbasis bahasa alami (Natural language interface).
    d. Sistem Menu.
    e. Dialog berbasis pengisian formulir (Formfilling dialogue).
    f. Antarmuka Berbasis Ikon
    g. Sistem Penjendelaan (windowing system)
    h. Manipulasi Langsung
    i. Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis


E.     Model Tipe-Tipe Interaksi dengan User, meliputi : Manipulasi Langsung, Pilihan berbentuk Menu, Form Isian, Bahasa Perintah, Bahasa Natural

Manipulasi Langsung.
a. Pengertian
“Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer“.

b. Penerapan:
- Kontrol Proses
- Editor Teks
- Simulator
- Kontrol Lalulintas penerbangan
- PerancanganBentuk/model
- (computer aided design)

Sistem Menu
“Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas”
Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata. Ditinjau dari teknik penampilan pilihan-pilihan pada sebuah sistem menu. 2 (dua) jenis sistem menu:
1. Sistem Menu Datar (Selektor pilihan)
adalah sistem menuyang menampilkan semua pilihan secara lengkap. Sistem Menu Datar (Selektor pilihan) Dalam menentukan jenis selektor yang akan digunakan (angka, huruf, atau kombinasinya) salah satu bahan pertimbangannya adalah banyaknya pilihan yang akan disediakan. Penggunaan Tanda terang (highlight marker)  Cara lain untuk menentukan pilihan pada daftar menu datar adalah menggunakan suatu mekanisme yang disebut tanda terang(highlightmarker)

2. Sistem menu tarik (pulldown)
Sistem menu tarik adalah sistem menu yang akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu.

Dialog berbasis pengisian formulir (Form filling dialogue).
“Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan”.

Dialog berbasis perintah tunggal (Command line dialogue).
“Perintah-perintah tunggal yang dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang dipakai“.
contoh:
DOS (dir,delete,format,copy, dll)
Unix / Linux (ls, vi, who, passwd, dll)

Antarmuka berbasis bahasa alami (Natural language interface).
“Dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah“.
Contoh: dalam bahasa Pascal
While not eof (T) do
Begin
Readln (T, S);
If IpSem > 3.0 then
Write ln (nama mahasiswa);
End;

F.      Sebutkan dan jelaskan contoh user interface terhadap sistem yang pernah Saudara buat !

Yaitu saya membuat aplikasi pemutar vidio dengan Delphi
Langkah Perancangan
1.      Siapkan dan buka program delphi
Buat Form baru dengan cara klik File -> New -> Form


2.      Klik Komponen Form yang baru, lalu pada "Object Inspector" pilih Properti yang disebelah kiri atur "BorderStyle" menjadi "bsDialog" dan "Position" menjadi "poDesktopCenter

3.      Pada Komponen Tab System pilih Media Player dan letakkan pada bagian tengah form.


4.      Pilih Pula Komponen "OpenDialog pada tab Dialogs, dan letakkan di dalam form.



5.      Kemudian Pilih Komponen "Panel" pada tab "standar", dan letakkan dalam form. 


6.      Pada "panel1", pilih Properties pada Object Inspector, lalu pada caption tuliskan "KLIK  DISINI UNTUK MEMBUKA FILM". Atur tampilan form seperti gambar berikut.

7.      Untuk pemberian nama pada form. Klik bagian Form (selain Komponen Panel, MediaPlayer dan Opendialog), lalu pada Caption isikan dengan "Aplikasi Pemutar Vidio.
Setelah selesai selanjutnya adalah Listing Program atau penulisan sintak.
Double Clik pada komponen Panel1 atau pada tulisan "KLIK DISINI UNTUK MEMBUKA FILM". lalu ketikan sintak berikut :
 
 procedure TForm1.Panel1Click(Sender: TObject);
    begin
      if opendialog1.Execute then
      begin
         mediaplayer1.FileName:=opendialog1.FileName;
         mediaplayer1.Open;
         mediaplayer1.Display:=Panel1;
         mediaplayer1.DisplayRect:=rect(5,5,width-5,height-5);
         with Panel1 do
      end;
    end;

8.      Setelah selesai simpan pada folder yang sediakan dengan nama "Unit1" dan Project "Media Player
Running kan / jalankan maka vidio akan berjalan.
































Source :

https://www.techfor.id/definisi-interaksi-manusia-dan-komputer-juga-faktor-yang-mempengaruhinya/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Kuantar Ke Gerbang

MANAJEMEN PROYEK & RESIKO I - III