Interface dalam IMK
Nama : Fachrul Rozi
Npm : 22117020
Kelas : 3KB06
Matkul : Interaksi manusia dan komputer
Interface dalam IMK.
A.
Maksud Interface dalam IMK
Interface adalah cara mendesain,
menganalisa, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer agar lebih
mudah digunakan oleh manusia, interface itu sendiri terdiri dari 2 macam yaitu
Command Line Interface (CLI) yakni Sistem interface berbasis teks perintah
program, dan Graphic User Interface (GUI) yaitu Sistem interface yang
digambarkan dengan grafis visual seperti tombol, icon, dan lain-lain. Untuk
CLI, sayangnya penggunaanya kurang diminati karena tampilannya hanya berupa
teks saja dengan mayoritas background hitam. Dalam perintahnya, sedikit
kesalahan penulisan coding dapat menyebabkan error. Maka dari itu CLI hanya
diperuntukan bagi mereka yang sudah mengerti seluk beluk bahasa Pemrograman.
Berbeda dengan CLI, GUI
merupakan Interface yang sangat interaktif dan menarik. Bentuk komunikasi dan
dialog pada GUI di gambarkan dalam bentuk grafis sehingga memudahkan pengguna
dan tidak membosankan. Contoh GUI bisa kamu lihat pada tampilan awal Windows
atau program seperti Visual Basic, Delphi, atau Photoshop.
B.
Tujuan User Interface dalam IMK
Simpelnya Tujuan Interaksi manusia dan komputer adalah untuk menciptakan
sistem yang ramah pengguna (User
Friendly) yang juga fungsional dan aman. Untuk mencapai tujuan ini, seorang
developer harus dapat:
·
Berempati dengan para pengguna dan mengantisipasi bagaimana
mereka akan menggunakan teknologi
·
Mengembangkan alat dan teknik untuk memungkinkan
praktik terbaik dalam membangun sistem Interface yang memadai
·
Menghasilkan jenis interaksi yang efektif, efisien,
dan aman
·
Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas.
·
Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.
·
Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat
dimanfaatkan.
·
Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai
C.
Perbandingan
penilaian Interface di IMK : Bagaimana interface yang baik dalam suatu sistem
dan interface yang tidak baik dalam suatu sistem
Contoh kasus mengenai user interface pada gambar 1
yaitu tampilan website Universitas Indonesia (www.ui.ac.id) dan gambar 2
tampilan website Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (www.its.ac.id).
Berdasarkan gambar 1 :
Tampilan desain website Univ.Indonesia sangat baik
dari segi User Interface. Sebab tampilan desain simple, informasi yang
ditampilkan tertata rapi seperti informasi fakultas letaknya di bawah,
informasi berupa berita disebelah kanan, dan sebelah kiri mengenai informasi
utama universitas. Sehingga, memudahkan pengguna dalam interaksinya untuk
mengetahui informasi yang ada . Selain itu, gambar tampilan (background)
ternyata gambar yang dapat berubah-rubah setiap detik yang ternyata berupa
informasi dan disertai dengan linknya. Sehingga, dapat memudahkan pengguna
untuk mengetahui informasi yang ada dengan mengklik gambar tersebut tanpa harus
melalui menu utama. Website dapat dilihat dalam satu tampilan layar monitor,
sehingga memudahkan pengguna utuk melihat seluruh tampilan website sekaligus
Berdasarkan gambar 2 :
Tampilan desain website ITS kurang baik dari segi User
Interface. Hal tersebut dikarenakan beberapa informasi atau berita letaknya
tidak mengelompok atau terkesan tidak rapi dalam menempatkan informasi yang
ada. Hal tersebut akan membingungkan pengguna website jika ingin mencari
informasi. Selain itu, tampilan website terlalu banyak gambar yang memakan
banyak tempat, sehingga website tidak bisa dilihat dalam satu tampilan layar
monitor. Hal tersebut akan menyulitkan pengguna jika ingin melihat seluruh isi
atau informasi dari website tersebut. Lalu dengan banyaknya tampilan gambar
pada website akan menjadi tidak menarik bila dilihat.
D.
Tipe-Tipe
Interface dalam IMK, mencakup : Komponen Dasar, Perangkat Interaktif dan Dialog
Kontrol Sederhana
Komponen
Antarmuka Grafis
Adalah
bentuk–bentuk tampilan antarmuka yang dipakai pada paket–paket program
aplikasi, baik yang bekerja pada mode teks maupun pada mode grafik
Komponen
Antarmuka grafis antaralain:
1. Tombol
Tekan
Digunakan
untuk mengaktifkan suatu aktivitas apabila tombol tersebut ditekan menggunakan
mouse (Click Mouse).
2. Spin Box
Pada
dasarnya, sebuah spinbox digunakan untuk menampilkan suatu peubah
3. List Box
Pada
dasarnya, sebuah listbox hanya terdiri atas bagian yang digunakan untuk
menampilkan pilihan-pilihan yang tersedia.
4. Combo Box
Mempunyai
fungsi yang sama dengan listbox, yaitu untuk menampilkan sejumlah pilihan yang
dapat dipilih secara bebas oleh pengguna.
5. Tombol
Radio
Sejumlah
pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang
tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off yang ditandai dengan
tanda tertentu.
6. Check Box
Sejumlah
pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu atau lebih pilihan
yang tersedia.
7. Label Box
Digunakan
untuk memberikan komentar atau memberi nama pada masing–masing komponen
antarmuka grafis
Perangkat Interktif
1. Perangkat
Keras (Hardware).
Serangkaian
unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan
untuk membantu proses kerja manusia (Brainware).
Contoh: CPU,
Monitor, Keyboard, Harddisk, Diskdrive, dll.
2. Perangkat
Lunak (Software).
Serangkaian
unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang
digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware).
Contoh:
Sistem Software, Application Software, Package Software.
3.Manusia
(Brainware).
Tenaga
pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit komputer
didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat
waktu, tepat guna dan akurat.
Contoh:
Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support.
Ragam dialog (Dialoque Style) :
“Cara yang
digunakan untuk mengorganisasikan berbagai tehnik dialog”
Beberapa
Sifat setiap Ragam Dialog:
a.Inisiatif
b.Keluwesan
c.Kompleksitas
d.Kekuatan
e.BebanInformasi
a. Inisiatif
Inisiatif
merupakan sifat dasar dari sembarang dialog, karena inisiatif akan menentukan
keseluruhan ragam komunikasi sehingga dapat ditentukan tipe-tipe pengguna yang
dituju oleh sistem yang dibangun.
Inisiatif
oleh pengguna Keterbukaan lebih luas Contoh:commandline
b. Keluwesan
Kemampuan
untuk mencapai suatu tujuan lewatcarayangberbeda, Menyediakan sejumlah perintah
alternatif dengan hasil yang sama/setara
c.
Kompleksitas
Tidak perlu
membuat antarmuka lebih dari yang diperlukan Pengelompokan Hirarki, Bayangkan
bila tanpa hirarki Terlalu bertingkat juga merepotkan
d. Kekuatan
Jumlah kerja
yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh
pengguna, Pengguna mahir: merasa tersiksa bila harus menempuh jalan panjang
e. Beban
informasi
Ragam dialog
yang terjadi antara komputer dengan manusia lebih menitikberatkan pada
penyajian informasi yang dihasilkan komputer kepada pengguna.Agar penyampaian
informasi itu dapat berdaya guna dan berhasil guna, beban informasi yang
terkandung didalam suatu ragam dialog seharusnya disesuaikan dengan aras
pengguna.
Karakteristik
Ragam Dialog
a.Konsistensi
b.Umpanbalik
c.Observabilitas
d.Kontrolabilitas
e.Efisiensi
f.Keseimbangan
Kategori
Ragam Dialog:
1. Ragam
Dialog Interaktif
a. Dialog berbasis perintah tunggal
(Command line dialogue).
b. Dialog berbasis bahasa pemrograman
(Programming language dialogue).
c. Antarmuka berbasis bahasa alami (Natural
language interface).
d. Sistem Menu.
e. Dialog berbasis pengisian formulir
(Formfilling dialogue).
f. Antarmuka Berbasis Ikon
g. Sistem Penjendelaan (windowing system)
h. Manipulasi Langsung
i. Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
E.
Model
Tipe-Tipe Interaksi dengan User, meliputi : Manipulasi Langsung, Pilihan
berbentuk Menu, Form Isian, Bahasa Perintah, Bahasa Natural
Manipulasi Langsung.
a.
Pengertian
“Penyajian
langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan
oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar
komputer“.
b. Penerapan:
- Kontrol
Proses
- Editor
Teks
- Simulator
- Kontrol
Lalulintas penerbangan
-
PerancanganBentuk/model
- (computer
aided design)
Sistem Menu
“Dialog yang
menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas”
Menu adalah
daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu
kalimat atau kumpulan beberapa kata. Ditinjau dari teknik penampilan
pilihan-pilihan pada sebuah sistem menu. 2 (dua) jenis sistem menu:
1. Sistem
Menu Datar (Selektor pilihan)
adalah
sistem menuyang menampilkan semua pilihan secara lengkap. Sistem Menu Datar
(Selektor pilihan) Dalam menentukan jenis selektor yang akan digunakan (angka,
huruf, atau kombinasinya) salah satu bahan pertimbangannya adalah banyaknya
pilihan yang akan disediakan. Penggunaan Tanda terang (highlight marker) Cara lain untuk menentukan pilihan pada daftar
menu datar adalah menggunakan suatu mekanisme yang disebut tanda
terang(highlightmarker)
2. Sistem
menu tarik (pulldown)
Sistem menu
tarik adalah sistem menu yang akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok
tertentu.
Dialog berbasis pengisian formulir (Form filling
dialogue).
“Dialog dimana
pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang
berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan”.
Dialog berbasis perintah tunggal (Command line
dialogue).
“Perintah-perintah
tunggal yang dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang
dipakai“.
contoh:
DOS
(dir,delete,format,copy, dll)
Unix / Linux
(ls, vi, who, passwd, dll)
Antarmuka berbasis bahasa alami (Natural language
interface).
“Dialog yang
berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan
oleh sistem penterjemah“.
Contoh:
dalam bahasa Pascal
While not
eof (T) do
Begin
Readln (T,
S);
If IpSem
> 3.0 then
Write ln
(nama mahasiswa);
End;
F.
Sebutkan dan
jelaskan contoh user interface terhadap sistem yang pernah Saudara buat !
Yaitu saya membuat aplikasi pemutar
vidio dengan Delphi
Langkah Perancangan
1.
Siapkan dan buka
program delphi
Buat Form baru dengan cara klik File -> New ->
Form
2.
Klik
Komponen Form yang baru, lalu pada "Object Inspector" pilih Properti
yang disebelah kiri atur "BorderStyle" menjadi "bsDialog"
dan "Position" menjadi "poDesktopCenter
3.
Pada Komponen
Tab System pilih Media Player dan letakkan pada bagian tengah form.
4.
Pilih Pula
Komponen "OpenDialog pada tab Dialogs, dan letakkan di dalam form.
5.
Kemudian
Pilih Komponen "Panel" pada tab "standar", dan letakkan
dalam form.
6.
Pada
"panel1", pilih Properties pada Object Inspector, lalu pada caption
tuliskan "KLIK DISINI UNTUK MEMBUKA FILM". Atur tampilan form
seperti gambar berikut.
7. Untuk
pemberian nama pada form. Klik bagian Form (selain Komponen Panel, MediaPlayer
dan Opendialog), lalu pada Caption isikan dengan "Aplikasi Pemutar Vidio.
Setelah
selesai selanjutnya adalah Listing Program atau penulisan sintak.
Double Clik pada komponen Panel1
atau pada tulisan "KLIK DISINI UNTUK MEMBUKA FILM". lalu ketikan
sintak berikut :
procedure TForm1.Panel1Click(Sender: TObject);
begin
if
opendialog1.Execute then
begin
mediaplayer1.FileName:=opendialog1.FileName;
mediaplayer1.Open;
mediaplayer1.Display:=Panel1;
mediaplayer1.DisplayRect:=rect(5,5,width-5,height-5);
with Panel1 do
end;
end;
8.
Setelah
selesai simpan pada folder yang sediakan dengan nama "Unit1" dan
Project "Media Player
Running kan / jalankan maka vidio
akan berjalan.
Source :
https://www.techfor.id/definisi-interaksi-manusia-dan-komputer-juga-faktor-yang-mempengaruhinya/









Komentar
Posting Komentar